Sekolah Pascasarjana Unpad Tawarkan Program Studi Integratif

[unpad.ac.id, 23/4/2021] Sekolah Pascasarjana Universitas Padjadjaran membuka kesempatan luas bagi pendaftar yang ingin kuliah program Magister dan Doktor di Unpad. Di Sekolah Pascasarjana Unpad, ada dua Program Doktoral dan enam Program Magister yang ditawarkan bagi calon mahasiswa.

Suasana gelar wicara “Ayo Kenal Unpad: Sosialisasi Sekolah Pascasarjana 2021” yang digelar secara daring, Jumat (23/4). (Foto: Dadan Triawan)*

Wakil Dekan Sekolah Pascasarjana Unpad Dr. Ira Irawati, M.Si, mengatakan bahwa berbeda dengan program Pascasarjana yang ada di fakultas, program studi di Sekolah Pascasarjana mengintegrasikan beberapa disiplin ilmu.

Tenaga pengajar merupakan para dosen dari berbagai fakultas, selain juga sejumlah tenaga profesional dari sejumlah bidang terkait yang diundang untuk mengajar di Sekolah Pascasarjana Unpad.

“Di Sekolah Pascasarjana ini adalah program  studi yang mengintegreasikan beberapa disiplin ilmu,” kata Ira dalam “Ayo Kenal Unpad (AKU): Sosialisasi Sekolah Pascasarjana 2021” yang digelar secara daring, Jumat (23/4). Acara ini dimoderatori dosen Fikom Unpad Dr. Ira Mirawati, M.Si.

Ira menjelaskan, Sekolah Pascasarjana Unpad menawarkan dua Program Doktor, yaitu Doktor Ilmu Lingkungan dan Doktor Bioteknologi.

Untuk Program Magister, Sekolah Pascasarjana Unpad  memiliki Magister Ilmu Lingkungan, Magister Bioteknologi, Magister Ilmu Keberlanjutan, Magister Sumberdaya Hayati, Magister Pariwisata Berkelanjutan, dan Magister Inovasi Regional.

Ira mengatakan, ada sejumlah fasilitas yang ditawarkan kepada mahasiswa. Beberapa kerja sama dengan sejumlah pihak pun tengah dilakukan untuk menunjang studi mahasiswa, diantaranya ada program double degree dengan perguruan tinggi luar negeri, tawaran beasiswa, serta memiliki program internasional.

Ada sejumlah profesi yang dapat ditekuni oleh para lulusan Sekolah Pascasarjana Unpad. Seperti akademisi, peneliti, pejabat politik, dan tenaga profesional lainnya.

“Saya kira terbuka luas, ya. Karena prodi-prodi di kami masuknya multi entry, keluarannya juga bisa menjadi beberapa profesi,” kata Ira.

Ira pun berpesan untuk tidak ragu mendaftar Sekolah Pascasarjana Unpad. Selain memiliki kampus yang nyaman dengan lokasi strategis di pusat kota, Sekolah Pascasarjana Unpad pun memiliki beberapa layanan  di kampus yang dapat mendukung kenyamanan mahasiswa.

“Kita siapkan fasilitas-fasilitas lain yang mendukung juga supaya kuliahnya cepat,” ujar Ira.

Sementara itu, Manajer Pembelajaran, Riset, Publikasi, dan Kemitraan Sekolah Pascasarjana Unpad Dr. MD. Enjat Munajat, S.Si., M.T.I., Ph.D mengatakan bahwa untuk yang tertarik mendaftar Sekolah Pascasarjana Unpad, dapat membuka informasi lengkap di http://smup.unpad.ac.id.

“Untuk kuota setiap prodi kita belum ada kuota maksimal, sehingga memang potensi Bapak Ibu dan teman-teman yang ingin mendaftar itu sangat besar. Silakan datang ke kami, daftarkan di smup.unpad.ac.id, pilih Sekolah Pascasarjana,” ujar Enjat.(arm)*