Progression, Student Adnission (S2 Bioteknologi)

Pascasarjana
Scroll Down

Student Admission, Progression, Recognition and Certification [ESG 1.4]

Proses seleksi calon mahasiswa Magister Bioteknologi dilakukan secara online dan terintegrasi melalui system Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) yang di laksanakan secara terpusat dan independent oleh tim SMUP yang bekerjasama dengan unit-unit kerja yang terkait di bawahnya. Dalam satu tahun dibuka dua kali gelombang seleksi, yaitu Gelombang 1 seleksi semester ganjil dan Gelombang 2 seleksi untuk semester genap. Semua persaratan calon mahasiswa yang diperlukan, proses pendaftaran dan persyaratan khusus yang diperlukan, semua tertulis dan bisa diakses oleh public dari laman http://smup.unpad.ac.id/.

Magister Biotek menerima calon mahasiswa dari semua lulusan program sarjana yang terakreditasi oleh BAN PT/LAM-PTKes atau lulusan pada level 7 sesuai KKNI. Selain itu  calon mahasiswa harus mempunyai sertifikat Tes Kemampuan Akademik (TKA) dari dengan nilai minimal 450 serta memiliki sertifikat Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TKBI) berupa TOEFL/IELTS dengan nilai minimal 450/4.5.

Calon mahasiswa yang mempunyai publikasi ilmiah di jurnal internasional bereputasi (Q1) menurut SJR : Scientific Journal Rankings – SCImago sebagai penulis pertama, tidak diwajibkan memiliki dan mengupload nilai TPA dan TKBI ketika mendaftar. Untuk memperdalam penilaian sisi keilmuan dan memperdalam rencana studi calon mahasiswa, maka dilakukan interview kepada semua calon mahasiswa dengan kewajiban untuk mempresentasikan rencana studi dan kajian risetnya.

Seleksi dilakukan dua tahap yaitu seleksi administrasi kelengkapan persaratan umum yang dilakukan di tingkat Universitas oleh Tim SMUP dan selanjutnya seleksi di tingkat Fakultas berupa interview untuk menilai motivasi dan wawasannya secara akademik serta rencana riset yang akan dilakukan.

Dekan dan Kaprodi selanjutnya akan merekomendasikan calon untuk diterima atau tidak. Selanjutnya Rektor akan mengeluarkan surat keputusan kelulusan untuk para peserta. Semua pengumuman dilakukan di WEB pengumuman SMUP yang bisa diakses secara online http://pengumuman.unpad.ac.id/home.

Seleksi untuk mahasiswa asing dilakukan oleh tim SMUP bekerjasama dengan Kantor Urusan Internasional – KUI (International Ofiice) Universitas. KUI mengkoordinir mulai pendaftaran sampai seleksi bersama Ketua Program Studi terkait.

Jumlah pendaftar berfluktuasi setiap tahunnya, dengan rata – rata pendaftar ke Magister Bioteknologi sebanyak 13 orang per tahunnya dan jumlah yang diterima rata – rata sekitar 6 siswa setiap tahunnya. Namun demikian ada tend peningkatan secara linear jumlah pendaftar dari tahun 2017 – 2020 (Gambar 1).

Gambar 1. Perbandingan pelamar dan yang diterima di Program Magister Bioteknologi dalam lima tahun terakhir

Secara umum mahasiswa program studi Bioteknologi adalah mahasiswa yang sudah bekerja sehingga perlu dukungan fleksibitas dalam pembelajaran dan monitoring untuk memantau kemajuan studi yang tepat. Pembelajaran daring menggunakan system LiVE Unpad yang dikombinasikan dengan Google Classrom. Adapun pemantauan kemajuan studi mahasiswa dilakukan secara online menggunakan system SIAT. Setiap mahasiswa akan mendapatkan akun email sesuai dengan student ID masing-masing. Mahasiswa melakukan perencanaan studi dan pembimbingan dan melihat hasil belajar menggunakan SIAT yang bisa diakses dari luar universitas.

Untuk mahasiswa yang sudah bekerja terutama yang dari di lembaga penelitian dapat melakukan penelitian di tempat kerjanya dengan topik penelitian sesuai dengan permasalahan actual yang ada. Mahasiswa yang belum bekerja didorong melaksanakan penelitian di mitra-mitra perusahaan biotek yang mempunyai kerjasama dengan Prodi Biotek melalui Pusat-pusat Unggulan yang ada di Unpad.

News Unpad

Scholarship Unpad

Sebuah galat telah terjadi, yang kemungkinan berarti umpan tersebut sedang anjlok. Coba lagi nanti.
Load More

Progression, Student Adnission (S2 Bioteknologi)