Magister Ilmu Lingkungan

Profil singkat

Melalui rekam jejak riset yang kuat dalam bidang SDA-LH, sejak tahun 1972 melalui Lembaga Ekologi, kami membangun Program Studi Ilmu Lingkungan secara komprehensif berbasis pendekatan multidisiplin. Kurikulum Program Studi Ilmu Lingkungan dibangun bersama University of Twente, The Netherland pada tahun 1999 dengan setting kiris lingkungan global, serta mendapatkan input dari berbagai kementerian, khususnya Lingkungan Hidup, untuk meneguhkan konteks lingkungan nasional.

Pendekatan multi- dan interdisiplin: ilmu alam, sosio-humaniora, kebijakan dan hukum, ekonomi, dan teknologi, membentuk karakter khas pada program studi ini. Dengan demikian, studi di Ilmu Lingkungan di Universitas Padjadjaran akan mencetak lulusan yang memiliki perspektif yang holistik dalam memecahkan persoalan-persoalan sumberdaya alam dan lingkungan. Demi meningkatkan competitiveness lulusan dalam tingkat regional dan global, Ilmu Lingkungan telah menjalin kerjasama riset dan double degree baik program Magister maupun Doktor dengan mitra-mitra internasional.

Kurikulum

Profil Lulusan

Setelah menyelesaikan pendidikan, lulusan diharapkan dapat menguasai pengetahuan teoritis dan praktis tentang prinsip dan konsep pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan dalam upaya tercapainya pembangunan berkelanjutan. Lulusan diharapkan :

  1. Memiliki persepsi holistik dan terintegrasi dalam pengelolaan lingkungan dan memiliki kemampuan untuk mengaplikasikan teori dan konsep ilmu lingkungan dalam proses pembangunan nasional;
  2. Memiliki pemahaman yang menyeluruh tentang pentingnya mempertahankan integritas dan fungsi lingkungan dalam kaitannya dengan aktifitas pembangunan;
  3. Memiliki perspektif multidimensional dan integratif dalam proses formulasi dan pengambilan keputusan pengelolaan lingkungan

Berdasarkan PEPSILI (Perkumpulan Program Studi Ilmu Lingkungan Indonesia)

Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai konsep integritas akademik secara umum dan konsep plagiarisme secara khusus, dalam hal jenis plagiarisme, konsekuensi pelanggaran dan upaya pencegahannya ;
  2. Mengembangkan konsep dan teori ilmu lingkungan secara mendalam;
  3. Mengembangkan sistem lingkungan alami dan hubungannya dengan manusia;
  4. Mengembangkan prinsip-prinsip keanekaan, saling keterkaitan, ketergantungan, keharmonisan dan keberlanjutan antara lingkungan fisik, biotik, dan Sosial budaya;
  5. Mengembangkan,mengkarakterisasi dan mengevaluasi pengaruh manusia terhadap system lingkungan;
  6. Mengembangkan pengetahuan dan terapan ilmu lingkungan melalui riset untuk menghasilkan karya inovatif dan teruji
  7. Mengembangkan dan mengelola riset untuk memecahkan permasalahan lingkungan untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

Keterampilan Khusus

  1. Mengembangkan keilmuan berdasarkan azas, prinsip-prinsip, dan ruang lingkup perlindungan dan pengelolaan lingkungan;
  2. Mengembangkan keilmuan berdasarkan isu-isu terkini permasalahan lingkungan, serta protokol dan atau agenda internasional dan nasional dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan;
  3. Mengembangkan dan menyusun rencana, arahan pemanfaatan, pengendalian, pemeliharaan, pengawasan lingkungan, arahan upaya penegakan hukum; dan
  4. Mengembangkan metode penelitian dan mampu melakukan penelitian lingkungan melalui pendekatan multidisiplin dan transdisiplin untuk penyajian data sumberdaya lingkungan, evaluasi, serta pemecahan permasalahan lingkungan secara komprehensif.

 

Mata Kuliah

Metode Pembelajaran

  1. Program Studi Magister Ilmu Lingkungan Sekolah Pascasarjana Universitas Padjadjaran meyakini bahwa lulusan yang memiliki kompetensi baik mempunyai peluang besar untuk diterima di dunia kerja maupun masyarakatm. Hal ini didasarkan kepada sistem pembelajaran yang menyangkut kemampuan dasar dan kemampuan intelektual setiap lulusan. Cara berfikir yang analitis, sistematis, dan integratif diharapkan sesuai dengan masalah yang dihadapi para perencana dan pelaksana pembangunan yang bersifat kompleks. Kurikulum PSMIL SPs Unpad telah sesuai dengan kebutuhan pemangku kepentingan karena dalam penyusunannya telah melalui beberapa kegiatan seperti lokakarya, seminar dan
  2. Penyelesaian studi dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 4 (empat) semester dan selama-lamanya 8 (delapan) semester termsuk penyusunan tesis. Disamping kelas reguler dan kelas kerjasama (Bappenas dan Diknas), PSMIL SPs Unpad pada tahun 2012 menyelenggarakan program fast track. Program ini diperuntukkan bagi mahasiswa S1 yang telah menyelesaikan semua perkuliahan S1 dan sedang melaksanakan penelitian dengan IPK di atas 3,5 dan TOEFL 500. Mahasiswa program fast track mengambil semester satu di PSMIL SPs Unpad pada saat mahasiswa melaksanakan semester delapan pada program S1. Program ini telah berhasil mempercepat para mahasiswa melaksanakan studi strata 1 dan strata 2 serta mahasiswa mendapatkan pengalaman merancang penelitian yang berkelanjutan dari S1 dan S2. Kurikulum untuk kelas fast track sama dengan kurikulum untuk kelas reguler.
  3. Bagi mahasiswa yang telah bekerja sebelumnya, pembelajaran dilakukan di PSMIL memiliki kesesuaian dengan bidang pekerjaan para mahasiswa. Hal ini disebabkan bidang studi yang diajarkan di PSMIL bersifat transdisiplin sehingga mampu mencakup berbagai ilmu. Bagi mahasiswa yang belum bekerja sebelum menjadi mahasiswa PSMIL, dengan bidang studi dan pengetahuan yang diberikan selama kuliah, mampu memberikan idealisme pada mahasiswa untuk terus menggunakan prinsip-prinsip yang diajarkan pada saat mereka bekerja nanti.
  4. Selain itu, beberapa kegiatan pengembangan kerjasama melalui jalur joint-research, student exchange dan staff exchange, terutama dalam skala internasional, telah dilakukan dengan berbagai institusi pendidikan atau institusi terkait di luar negeri (khususnya Belanda dan Jepang). Kerjasama disepakati dalam bentuk MoU yang mencakup kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Sebagai contoh, pada tahun 2015 dan 2016 telah dilaksanakan visiting professor dimana Dosen Program Studi Magsiter Ilmu Lingkungan menjadi dosen tamu di Mie University Jepang. Kemudian, sejak tahun 2012 secara rutin dilaksanakan pengiriman satu atau dua mahasiswa ke University of Tokyo, dan sejak tahun 2013 pengiriman mahasiswa ke Mie University pun sudah rutin dilakukan. Adapun dana pengiriman mahasiswa sepenenuhnya ditanggung oleh pihak mitra universitas di Jepang.

Tenaga Pengajar

NO.

NAMA DOSEN

AREA RISET

1

Prof. Oekan S. Abdoellah, Ph.D

Ekologi Manusia/Ekologi Politik, fokus pada Pembangunan Agroforestry dan hubungan desa-kota

2

Prof. Johan Iskandar, Ph.D

Etnobiologi/Ekologi Manusia

3

Prof. Dr. Erri Noviar Megantara

Konservasi SDA dan Analisis Lingkungan

4

Prof. Yayat Dhahiyat, Ph.D

Managemen SD Kelautan

5

Prof. Dr. Denny Kurniadie

Pertanian Berkelanjutan/Pertanian Organik

6

Prof. Dr. Benny Joy

Perencanaan Lahan, Manajemen DAS

7

Prof. Roostita Balia, Ph.D

Kesehatan Ternak, Keamanan Pangan

8

Prof. Dr. Mahfud Arifin

Ilmu Tanah

9

Prof. Dr. Budi N. Ruchjana

Modeling Sumber Daya Alam

10

Prof. Dr. Sudrajat

Modeling Manajemen Industri

11

Prof. Dr. Asep K. Supriatna

Matematika Terapan untuk Lingkungan

12

Prof. Dr. Hendarmawan

Geoteknik, Geohidrologi, Pengelolaan SD Air

13

Prof. Dr. Imas R. Setiasih

Manajemen dan Teknologi Pangan

14

Prof. Dr. Ellin Harlia

Keamanan Pangan

15

Prof. Dr. Mimin Muhaemin

Teknologi Industri Pertanian

16

Dr. Tb. Benito A. Kurnani

Industri Ramah Lingkungan

17

Prof. Parikesit, Ph.D

Perencanaan Ruang dan Ekologi; Pengelolaan KEHATI

18

Ptof. Chay Asdak, Ph.D

Manajemen DAS, Hidrologi Hutan

19

Budhi Gunawan, Ph.D

Antropologi dan Studi Ekosistem

20

Prof. Dr. rer. nat. M. Fani Cahyandito

Manajemen SDA

21

Sunardi, Ph.D

Pencemaran Lingkungan; Ekologi Industri

22

Dr. Muhammad taufik

Manajemen SD Energi

23

Prof. Arief Anshory Yusuf, S.E., M.Sc., Ph.D

Pembangunan Berkelanjutan, SDGs

24

Dr. dr. Ardini Saptaningsih Raksanagara, MPH

Kesehatan Masyarakat

25

Dr. Nia Rossiana, MS.

Bioremediasi

26

Dr. Tomy Perdana, SP., MM

Manajemen Rantai Suplai; Pengembangan Klaster Agribisnis

27

Prof. Dr. Ir. Hj Yosini Deliana, MS

Sosial Ekonomi Pertanian

28

Dr. Ir. Iskandar, M.Si

Manajemen SD Air dan Budidaya Perikanan

29

Rini Soemarwoto, Ph.D

Psikologi Lingkungan dan Pendidikan

30

Dr. Susanti Withaningsih

Pengelolaan KEHATI

31

Prof. Dr. Dra. Zuzy Anna , M.Si

Ekonomi SD Perairan

32

Dr. Gemilang Lara Utama

Manajemen Limbah, Inovasi Teknologi Lingkungan