Doktor Bioteknologi

Program Studi Bioteknologi (Magister dan Doktor)

Indonesia yang merupakan negara tropis dengan jumlah penduduk yang besar membawa implikasi tersendiri dalam bidang kesehatan, pangan dan lingkungan. Disisi lain keragaman sumber daya alam yang melimpah belum banyak termanfaatkan untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut di atas. Untuk itu Program Studi Bioteknologi di bawah Sekolah Pascasarjana Unpad memfokuskan pada pengembangan inovasi industri bioteknologi melalui riset interdisipliner dengan memanfaatkan aspek  molekuler, genetik, dan biokimia dalam menghasilkan produk-produk baru yang lebih bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Kurikulum Program Studi Bioteknologi

Program Studi Bioteknologi SPSs Unpad bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang professional dan kompeten dalam:

  1. Menentukan dan mendesain serta melaksanakan penelitian dan analisis serta interpretasi data/ big data sesuai kajian.
  2. Pengembangan obat dengan memanfaatkan sumber daya lokal.
  3. Pengembangan deteksi cepat penyakit infeksi tropis dan kanker serta penyakit yang bersumber dari negara lain.
  4. Mendesain dan melakukan penelitian untuk peningkatan produksi dan kualitas produk-produk pertanian lokal (tanaman, ternak dan ikan) melalui rekayasa genetik.
  5. Mengaplikasikan pengetahuan bioteknology dalam meningkatkan bioproses dan efisiensi dalam bioindustry.
  6. Memecahkan permasalahan limbah industri termasuk reklamasi lahan bekas tambang melalui berbagai proses biologis yang ramah lingkungan.   

Kurikulum Program Studi Bioteknologi dirancang dan diimplementasikan dengan  terus diperbarui oleh tim kurikulum yang mengacu pada standar-standar internasional dengan melibatkan para pemangku kepentingan yanga ada. Siswa akan diberikan pengetahuan dan keterampilan mendalam dalam keilmuan maupun aplikasi Bioteknologi sesuai dengan minat dan bahan kajian. Selain itu siswa akan diberikan pula pilihan pengetahuan dan keterampilan dalam hal:

  1. Etika (bioethics) dan keamanan hayati (biosafety)
  2. Tekno ekonomi dan aspek hukum produk bioteknologi
  3. Metode deteksi penyakit dan perancangan obat
  4. Teknologi signaling dan Teknologi marka molekuler
  5. Teknik rekayasa genetik tanaman, hewan dan ikan
  6. Bioinformatik, Bioproses dan Hilirisasi produk
  7. Bio Industri, Teknologi preservasi dan enkapsulasi
  8. Teknologi bioremediasi dan Fitoremediasi
  9. Instrumentasi, aplikasi komputer dan biostatistik

Metode Pembelajaran

Inovasi pembelajaran terus dikembangkan di Program Studi dengan menggunakan metode blended learning yang berbasis penuh pada on-line course dan distance learning yang dikombinasi dengan sistem assessment kerjasama dengan mitra pembelajaran. Hal ini dilakukan untuk mengadopsi kondisi terkini masa pandemic Covid-19, juga untuk mempermudah peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dan gaya belajar yang berbeda-beda untuk setiap orang. Program Studi Bioteknologi juga menawarkan berbagai modul pelatihan yang terintegrasi dengan sertifikasi kompetensi yang ada Universitas Padjadjaran.

Fokus Riset

Riset di Program Studi Bioteknologi akan ditik beratkan pada riset inovasi industri Bioteknologi dalam empat topik riset sesuai minat yang bisa dipilih oleh siswa. Empat topik riset ini merupakan agenda utama riset para Dosen yang ada di Program Studi Bioteknologi.

  1. Bidang kesehatan terutama dalam masa pandemi Covid-19, fokus kajian terutama  ke pengembangan obat dengan memanfaatkan sumber daya lokal dan pengembangan deteksi cepat penyakit infeksi tropis dan kanker serta penyakit yang bersumber dari negara lain.
  2. Bidang pertanian dan pangan (agro-biotechnology) fokus pada riset peningkatan produksi dan kualitas melalui rekayasa genetic dari produk-produk pertanian lokal seperti tanaman pangan, ternak dan ikan sehingga memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi.
  3. Bidang industri menitik beratkkan riset pada kajian ke arah peningkatan bioproses dan efisiensi dalam bioindustri.
  4. Bidang lingkungan fokus pada riset dalam mengatasi permasalahan limbah industri termasuk reklamasi lahan bekas tambang melalui berbagai proses biologis yang ramah lingkungan.   

Dosen Pengajar

Program Studi Bioteknoloogi didukung oleh sumber daya tenaga pengajar dan peneliti yang bereputasi dengan sarana prasarana termasuk keberadaan pusat studi, pusat penelitian dan pusat unggulan yang sangat memadai di lingkungan Universitas Padjadjaran serta dukungan mitra dalam maupun luar negeri yang telah menjalin kerjasama dengan Sekolah Pascasarjana. Pengampu matakuliah di Program Studi Bioteknologi terdiri dari dosen-dosen lulusan perguruan tinggi terkemuka di dalam maupun luar negeri.

Dosen Pengajar Prodi Bioteknologi

NO. NAMA DOSEN AREA RISET
1
2
3
4
5
6

Program Studi Magister Bioteknologi

Program Magister akan ditempuh selama 2 tahun dengan fokus ke kemampuan dalam siswa dalam menentukan pemecahan masalah dan mendesain serta melakukan penelitian bioteknologi sesuai minat dan permasalahan yang ada. Siswa akan diberikan pengetahuan mendalam akan prinsip-prinsip bioteknologi, metodologi ilmiah untuk menganalisis secara komprehensif sistem biologi dan pengaplikasiaannya secara mendalam dalam bidang kesehatan, agro-biotechnology, industri dan lingkungan.

Program Magister Biotek menawarkan empat jalur kajian yang terkait spesifikasi dengan minat riset: i) Bioteknologi Kesehatan, ii) Agro-biotechnoloogy, iii) Bioteknologi industry, dan iv) Bioteknologi lingkungan.  Jalur kajian yang terkait topik riset dirancang untuk memberikan spesialisasi dalam bidang bioteknologi tertentu. Siswa harus menyelesaikan semua matakuliah dalam minat yang dipilih. Namun demikian siswa dapat menyesuaikan pendidikan mereka dengan menggabungkan matakuliah dari minat lainnya disesuaikan dengan kajian dan kebutuhan topik penelitian.

Matakuliah terdiri dari pengetahuan teoritis dan aplikasi praktis dari teori suatu desain penelitian, analisis bioinformatis dan statistik dari data mentah dan menginterpretasi hasilnya. Kurikulum memberikan pendekatan lintas platform yang memungkinkan siswa memperoleh keahlian unik yang menarik bagi berbagai perusahaan. Siswa juga akan dilatih keterampilan pemecahan masalah, manajemen proyek serta komunikasi profesional. Pada semester akhir,  siswa akan membuat tugas akhir berupa project penelitian dengan topik yang relevan di Unpad maupun di industri atau di universitas lain/ lembaga penelitian di mana pun di dunia yang merupakan mitra kerjasama Program Studi Biotek Unpad.

Matakuliah Program Studi Magister Bioteknologi

NO. NAMA DOSEN AREA RISET
1
2
3
4
5
6

Program Studi Doktor Bioteknologi

Program Studi Doktor Bioteknologi di SPs Unpad adalah program Doktor by research selama tiga tahun yang berbasis pada penelitian trans dan interdisipliner dengan fokus pada pengembangan filosofi dan profesional keilmuwan bioteknologi di empat bidang spesialisasi:

  1. Bioteknologi kesehatan
  2. Bioteknologi tanaman, ternak dan ikan (agro-biotechnology)
  3. Bioteknologi industri
  4. Bioteknologi lingkungan
    Siswa program Doktor Prodi Bioteknologi akan fokus ke pelaksanaan riset dalam upaya pemecahan masalah nyata dengan menggunakan semua pengetahuan dan teori serta mengaplikas aspek-aspek Bioteknologi. Siswa akan dibimbing oleh Dosen yang berpengalaman dan mempunyai reputasi unggul dalam riset Bioteknologi.