Kurikulum Program Doktor Bioteknologi

Scroll Down
Kurikulum Program Studi Doktor Bioteknologi di susun dan dirancang berdasarkan Outcome Base Curriculum (OBC) dimana pengembangan kurikulum yang didasarkan pada profil dan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). Program Studi Doktor Bioteknologi merupakan program doktor yang mengarusutamakan pada riset (doctor by research) dengan harapan menghasilkan riset yang berdampak terhadap pemecahan masalah dan pengembangan ilmu pengetahuan. Untuk itu kurikulum di Prodi Bioteknologi disusun tidak dalam bentuk matakuliah tatap muka melainkan berupa kegiatan-kegiatan terstruktur dengan capaian dan output pembelajaran yang jelas. Pendalaman dalam suatu matakuliah hanya dilakukan jika diperlukan dan sesuai dengan kebutuhan dari riset mahasiswa.
Matakuliah Prodi Doktor Bioteknologi berupa aktivitas pembuatan beberapa literature review series, mengikuti kuliah umum dari dosen luar program studi (DN atau LN) dan mengikuti seminar – seminar ilmiah nasional dan internasional (Tabel 1). Mahasiswa tidak diwajibkan mengambil sejumlah sks untuk mata kuliah tertentu.Mahasiswa dapat mengambil mata kuliah tertentu dengan tujuan pengayaan pengetahuan yang relevan dengan rencana riset disertasi (sit in) berdasarkan rekomendasi atau persetujuan Ketua Promotor (Tabel 2).
Masa studi Prodi Doktor Bioteknologi dapat ditempuh dalam 6 – 14 semester atau selama 3 – 7 tahun. Jumlah total beban SKS adalah 42 SKS dengan perincian sebagai berikut:
- Kompetensi Kualifikasi Doktor (KKD) 12 sks;
- Seminar Usulan Riset (SUR) 5 sks;
- Publikasi Artikel Ilmiah pada Jurnal Internasional Bereputasi 9 sks;
- Disertasi 16 sks terbagi dalam:
- Seminar Hasil Riset (SHR) 5 sks,
- Penelaahan Naskah Disertasi (PND) 6 sks, dan
- Sidang Promosi Doktor (SPD) 5 sks.
Tabel 1. Beberapa kegiatan perkuliahan Prodi Doktor Bioteknologi
Kluster Kompetensi dan SKS | Jenis Kegiatan | Produk/ Luaran |
Ketrampilan penelitian dasar (Research skills) – 5 SKS | • MK dasar sesuai Topik disertasi (1-3 sks)
• Filsafat atau etika keilmuawan (2 sks) • Metodologi dan penulisan karya ilmiah (2 sks) • Penulisan proposal riset (1 sks) • Penulisan studi literatur (2 sks) |
• Proposal penelitian
• Studi literatur • Laporan HR • Publikasi jurnal bereputasi |
Ketrampilan diseminasi dan pengembangan ilmu (knowledge dissemination/ development skills of science) – 5 sks | • Pelatihan diseminasi (2 sks)
• Pembicara seminar/konferensi internal/ nasional/ internasional (2 sks) • Summer school yang relevan dengan riset (2 sks) |
• Prosiding
• Book chapters • Publikasi jurnal bereputasi • Keanggotaan organisasi ilmiah/ internasional |
Ketrampilan pengembangan karir (career development skills – 2 sks | • Pelatihan metode pengajaran (2 sks)
• Asistensi perkuliahan tutorial (2 sks) • Memberikan Kuliah Umum/ kuliah tamu (2 sks) • Pelatihan kewirausahaan (2 sks) • Asisten peneliti (2 sks) |
• Penilaian tugas/ ujian
• Silabus/ RPS • Materi perkuliahan • Produk hasil kewirausahaan • Keanggotaan organisasi ilmiah/ profesional |
Tabel 2. Non-compulsory Courses for Doctor Program
No | Courses | CREDIT |
1. | Philosophy of Science | 2 (2-0) |
2. | Biotechnology Research Methodology | 3 (2-1) |
3. | Academic Writing and Publication | 3 (2-1) |
4. | Biomolecular Technology | 3 (2-1) |
5. | Bioinformatics | 3 (3-0) |
6. | Cell Biology and Molecular | 3 (2-1) |
7. | Bioethics, Biosafety and Prospects for Biotechnology | 3 (3-0) |
8. | Bioprocess | 3 (3-0) |
9. | Techno Economics and Legal Aspects of Biotechnology Products | 2 (2-0) |
10. | Signaling Technology | 2(2-0) |
11. | Molecular Marker Technology | 2(2-0) |
12. | Biomass and Bioenergy Technology | 2(2-0) |
13. | Bioremediation and Phytoremediation Technology | 2(2-0) |
14. | Industrial Bioprocess, Preservation and Encapsulation Technology | 3(2-1) |
15. | Genome Editing Technology | 2(2-0) |
16. | Recombinant DNA Technology | 2(1-1) |
17. | Cryopreservation and Germplasm Storage Technology | 2(1-1) |
18. | Bio mapping | 2(2-0) |
19. | Cancer Cell Biology (Oncology) | 2(2-0) |
20. | Microbial Biotechnology | 2(2-0) |
21. | Animal and Plant Biotechnology | 3(2-1) |
22. | Molecular Pathogenesis | 3(2-1) |
23. | Environment Molecular Biotechnology | 2(2-0) |
24. | Immunology and Vaccine Development | 3(3-0) |
Gambar 1. Sebaran dan sekuen pengambilan matakuliah dan bentuk assessment untuk setiap matakuliah dalam setiap semester
Kurikulum dan kajian penelitian di program doktor Bioteknologi terus di perbaharui dan disesuaikan dengan perkembangan keilmuan dan kebutuhan pemecahan permasalahan yang ada di masyarakat. Untuk evaluasi dan monitoring, setiap proses pelajar dan output pembelajaran yang dihasilkan selalu dilaksanakan melalui SOP yang jelas dan ketat. Monitoring dan evaluasi pelaksanaaan SOP dilakukan mulai dari seleksi calon mahasiswa, proses pembelajaran dan penilaian output dan outcome dari proses pembelajaran. Melalui pelaksanaan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIAT) semua proses proses pembelajaran dan output/outcome dari proses pembelajaran akan terus terjamin, termasuk dalam menampung feed back dan masukkan dari para mahasiswa dan dosen.
Kurikulum mahasiswa angkatan 2016 – 2019 mengikuti Peretauran Rektor No. 50 tahun 2016, sedangkan mahasiswa angkatan 2020 mengikuti pedoman S3 sesuai dengan Peraturan Rektor No. 555 tahun 2020. Secara garis besar perubahan kurikulum Program Doktor dapat dilihat pada Gambar 2.
Gamba 2. Perbadaan Pelaksanaan Program Doktor di Universitas Padjadjaran