KURIKULUM PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU KEBERLANJUTAN
Scroll Down
KURIKULUM MAGISTER ILMU KEBERLANJUTAN
Kelompok Mata Kuliah | Mata Kuliah | Semester | |
A. Basic Knowledge and Concept (20) | 1 |
Sustainability Science: frontiers/state of the art (2) |
1 |
2 | Sustainable human and nature interaction (2) | 1 | |
3 | Research Methods in SS (3) | 1 | |
4 | Communicating Sustainability (2) | 1 | |
5 | Development and Sustainability (2) | 1 | |
6 | Seminar on Politics and Policy in Sustainability Issues (2) | 1 | |
7 | Spirituality, Ethics, and Sustainability (2) | 1 | |
8 | System Thinking in Sustainability Science (2) | ||
9 | Academic writing (3) | ||
B. Practical: Experiential Learning, Skill and Sensibility (9) | Fieldworks and Case in Sustainability | ||
1. | Selecting and identifying sustainability issue (2) | 2 | |
2. | Analyzing, synthesizing sustainability issue (3) | 2 | |
3. | Planning for solution sustainability Issue (3) | 2 | |
4. | Reporting and communicating sust sicence issue: student presentation (1) | 2 | |
C. Specialized: Elective (5-7) | 1 | Innovation, SDGs and Global Sustainability (3) | 2 |
2 | Relevant Courses from other departments (2-4) | 2 | |
D. Thesis (6) | 3 | Seminar (2) | 2 |
1 | Research & Thesis Writing (6) | 3 | |
SILABUS MATA KULIAH PSMIK
Q205 – 1001 Sustainability Science 2(2-0)
Pemahaman mengenai latar belakang berkembangnya Ilmu Keberlanjutan (Sustainability
Science). Pemahaman mengenai state of the art Ilmu Keberlanjutan (Sustainability Science) dan
pemahaman mengenai konsep Ilmu Keberlanjutan (Sustainability Science). Mengasah
kemampuan dalam mengidentifikasi dan memformulasikan isu keberlanjutan sebagai bagian
dari pembelajaran dan menyelesaikan permasalahan terkait isu keberlanjutan melalui
pendekatan transdisiplin. Mengenal latar belakang perkembangan sustainability science
melalui pengetahuan mengenai kondisi lingkungan dan pemanfaatan SDA saat ini dan
perkembangan sustainability science di berbagai negara. Mengembangkan pemikiran logis,
kritis, sistematis dan kreatif melalui penelitian ilmiah di bidang ilmu keberlanjutan dan
memahami terori S-M-K model. Mengetahui domain penelitian sustainability science.
Parikesit, Oekan S Abdoellah, Susanti Withaningsih
Q205 – 1002 Sustainable Human and Nature Interaction 2(2-0)
Pemahaman tentang keterkaitan dan interaksi antara manusia, sistem organisasi , sumber daya
alam dan binaan, lingkungan hidup dan aktivitas-aktivitas pembangunan. Pemahaman tentang
pilihan pola konsumsi dan kebutuhan ekonomi dalam kaitannya dengan pembangunan
berkelanjutan dan isu keberlanjutan. Pemahamam kebijakan strategis terhadap alokasi, optimasi
dan konservasi sumberdaya. Pengambilan keputusan manajemen sumber daya secara
partisipatif dan adaptif. Mengasah kemampuan dalam menjaga dan memanfaatkan sumber daya
hayati dengan baik, mendesain dan mengimplementasikan intervensi, transisi serta perubahan
strategi pemerintah menuju strategi yang keberlanjutan. Analisa terhadap interaksi manusia dan
lingkungan, termasuk didalamnya perubahan land-use/cover dan krisis dalam pengelolaan
sumberdaya alam dan lingkungan hidup di Indonesia, serta memahami manusia dan lingkungan
dalam konteks kaitan isu keberlanjutan dan pengelolaan Daerah Aliran Sungai. Mengasah
kemampuan dalam mengidentifikasi dan memformulasikan masalah keberlanjutan sumberdaya
alam dan lingkungan hidup seperti pengelolaan SDA/LH berkelanjutan serta manajemen SDA
adaptif dan partisipatif. Mengasah kemampuan dalam merancang penyelesaian masalah
pemanfaatan SDA dikaitkan dengan isu keberlanjutan.
Johan Iskandar, Chay Asdak
Q205 – 1003 Research Methods in Sustainability Science 2(2-0)
Pemahaman tentang prinsip-prinsip metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif khususnya
dalam ilmu keberlanjutan yang menekankan bentuk penelitian lintas ilmu (biofisik, kimia dan
sosial) termasuk teknik-teknik dalam pengambilan sampel. Pemahaman tentang logika
penalaran (ilmu pengetahuan) terutama pada perumusan hipotesis, analisis data dan perumusan
hasil penelitian. Mengasah kemampuan dalam menganalisa, mengevaluasi dan menggambarkan
masa depan yang terkait dengan isu keberlanjutan dan cara penyelesaian masalah keberlanjutan.
Perancangan proses penelitian sesuai dengan standar penelitian bermutu, analisa sistem-sistem
yang kompleks secara bersamaan, baik sistem yang domainnya berbeda maupun sistem yang
skalanya berbeda dalam dua metode penelitian, yaitu metode kuantitatif dan kualitatif, serta
perancangan solusi penyelesaian isu keberlanjutan.
Budhi Gunawan
Q205 – 1004 Communicating Sustainability 2 (2-0)
Pemahaman mengenai pentingnya komunikasi dalam menyelesaikan isu keberlanjutan dan
menyampaikan hasil penelitian terkait isu keberlanjutan kepada para stakeholder. Pencarian
solusi dari berbagai permasalah yang terkait isu keberlanjutan melalui pendekatan transdisiplin
dan mengkomunikasikan hasil peneltian tersebut kepada masyarakat umum. Pemahaman
mengenai manajemen kampanye termasuk didalamnya efektifitas kampanye. Pemahaman
mengenai strategi komunikasi secara umum serta strategi komunikasi SDGs di Indonesia, dan
strategi dalam mengkomunikasikan isu keberlanjutan di Indonesia.
Antar Venus
Q205 – 1005 Development and Sustainability 2(2-0)
Pemahaman mengenai konsep pembangunan berkelanjutan dan perkembangannya sampai
dengan menjadi sustainable development goals. Mengasah Kemampuan dalam memetakan,
menetukan, menerapkan, menggabungkan dan menegosiasikan secara bersamaan nilai-nilai,
prinsip-prinsip, beberapa tujuan dan target dari konsep keberlanjutan. Mengasah kemampuan
mendesain dan mengimplementasikan intervensi, transisi serta perubahan strategi pemerintah
menuju strategi berkelanjutan. Memahami perkembangan konsep pembangunan berkelanjutan
di tingkat global, konsep economic development, konsep socially inclusive, keterkaitan
economic development, social inclusive dengan isu keberlanjutan, Deep decarbonization
pathway (DDPP), High tech solution for energy efficiency and low carbon energy, Urban
design, Nanotechnology and biotechnology (Green chemistry), dan Challenges of aging and
wellbeing.
Armida Alisyahbana, Arief Anshory
Q205 – 1006 Seminar on Politics and Policy in Sustainability Issues 2(2-0)
Pemahaman mengenai latar belakang keterkaitan politik dan kebijakan dengan Ilmu
Keberlanjutan (Sustainability Science). Pemahaman mengenai konsep Ilmu Keberlanjutan
(Sustainability Science) dalam ilmu sosial. Pemahaman mengenai konsep property regimes and
resource management, termasuk didalamnya penduduk dan lingkungan, serta pengelolaan
sumber daya alam. Pemahaman mengenai konsep political ecology of resource
degradation/management.
Budhi Gunawan
Q205 – 1007 Spirituality, Ethics and Sustainability 2(2-0)
Pemahaman tentang keterkaitan antara agama, etika dan isu keberlanjutan. Penalaran-penalaran
deduktif dan induktif dalam proses belajar mengajar. Kemiripan dan perbedaan secara filosofis
antara ilmu pengetahuan alam dan ilmu pengetahuan sosial. Pemahaman mengenai nalar ilmiah
dibandingkan dengan nalar alamiah, ilmu dan moral, Konsep : “Tahu” , “Tahu Berfikir” , “Tahu
Bertindak” , Tahu Hidup” dalam arah performance S2 Ilmu Keberlanjutan. Pemahaman
mengeni Etika dan Isu Keberlanjutan, Tanggung jawab moral terkait isu keberlanjutan, serta
etika lingkungan individu dan masyarakat terkait isu keberlanjutan. Pemahaman mengenai isu
keberlanjutan dalam agama.
Erri N Megantara, Sunardi
Q205 – 1008 System Thinking in Sustainability Science 2(2-0)
Pemahaman mengenai latar belakang dan perkembangan teori system thinking. Pemahaman
system thinking pada supply chain dan sustainability secara umum. Pemahaman mengenai
system thinking, latar belakang dan perkembangan teori system thinking, aplikasi system
thinking pada supply chain, dan aplikasi system thinking pada sustainabilty secara umum.
Pemahaman konsep valuasi ekonomi, metode valuasi ekonomi, serta valuasi ekonomi dan
konsep keberlanjutan.
Tomi Perdana, Fani Cahyandito
Q205 – 1009 Inovation and Sustainability 2(2-0)
Pemahaman mengenai berbagai inovasi baik secara teknologi ataupun strategi dalam
menyelesaikan isu keberlanjutan. Pemahaman konsep eco-innovation dan kaitannya dengan
isu sustainability. Mahasiswa mampu menganalisa, mengevaluasi dan menggambarkan masa
depan yang terkait dengan isu keberlanjutan dan cara penyelesaian masalah keberlanjutan.
Hendarmawan, Tomi Perdana
Q205 – 1010 SDGs and Global Sustainability 2(2-0)
Pemahaman mengenai perkembangan konsep pembangunan berkelanjutan sampai dengan
SDGs. Pemahan konsep keberlanjutan secara global dan berbagai permasalahan keberlanjutan
di tingkat global. Mahasiswa mampu mendesaign dan mengimplementasikan intervensi, transisi
serta perubahan strategi pemerintah menuju strategi yang berkelanjutan
Tb. Benito A Kurnani, Susanti Withaningsih
Q205 – 1011 Fieldworks and Case in Sustainability 2(2-0)
Kemampuan mengembangkan pengetahuan dan teknologi di bidang ilmu keberlanjutan atau
praktek profesionalnya melalui riset sehingga dihasilkan karya inovatif teruji sera kemampuan
memecahkan permasalahan terkait isu-isu kebelanjutan melalui pendekan transdisipilin.
Kemampuan mengelola riset dan mengembangkannya bagi kepentingan masyarakat dan
keilmuan serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional. Mahasiswa mampu
mengidenfikasikan isu-isu keberlanjutan yang berkembang di masyarakat. Mahasiswa juga
mmapu memetakan, menentukan, menerapkan, menggabungkan secara bersamaan nilai-nilai,
prinsip-prinsip, tujuan dan target dari ilmu keberlanjutan.
Parikesit, Fani Cahyandito, Susanti Withaningsih, Teguh Husodo, Gemilang Lara Utama, Ary Ganjar