Website Loader
Magister Ilmu Lingkungan

Magister Ilmu Lingkungan

Kategori Program Studi Magister

Sebagai komitmen dan tradisi yang panjang dari Universitas Padjadjaran terhadap penyelesaian persoalan lingkungan hidup dan sumberdaya alam di Indonesia, Program Studi Magister dan Doktor Ilmu Lingkungan hadir untuk menjawab tantangan-tantangan pembangunan berkelanjutan. Bagi negara dimana pembangunan ekonomi masih mengandalkan sumberdaya alam, seperti Indonesia, kehadiran Program Studi Ilmu Lingkungan adalah keniscayaan.

Melalui rekam jejak riset yang kuat dalam bidang SDA-LH, sejak tahun 1972 melalui Lembaga Ekologi, kami membangun Program Studi Ilmu Lingkungan secara komprehensif berbasis pendekatan multidisiplin. Kurikulum Program Studi Ilmu Lingkungan dibangun bersama University of Twente, The Netherland pada tahun 1999 dengan setting kiris lingkungan global, serta mendapatkan input dari berbagai kementerian, khususnya Lingkungan Hidup, untuk meneguhkan konteks lingkungan nasional.

Dengan pendekatan multi- dan interdisiplin: ilmu alam, sosio-humaniora, kebijakan dan hukum, ekonomi, dan teknologi, membentuk karakter khas pada program studi ini. Dengan demikian, studi di Ilmu Lingkungan di Universitas Padjadjaran akan mencetak lulusan yang memiliki perspektif yang holistik dalam memecahkan persoalan-persoalan sumberdaya alam dan lingkungan. Demi meningkatkan competitiveness lulusan dalam tingkat regional dan global, Ilmu Lingkungan telah menjalin kerjasama riset dan double degree baik program Magister maupun doktor dengan mitra-mitra internasional.

Konsentrasi dan Peminatan Program Studi Magister:

  • Manajemen Sumberdaya Alam
  • Perencanaan dan Pengelolaan SDA-LH
  • Ekologi Industri
  • Pembangunan dan Konservasi Perdesaan

×