Website Loader

Doktor Bioteknologi

Kategori Program Studi DOKTOR

Bioteknologi molekuler berkembang dengan pesat karena mampu menghasilkan produk-produk yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Bioteknologi molekuler di bidang medis berperan sangat penting dalam perkembangan tindakan medis di Indonesia, terutama penyakit infeksi tropis dan kanker. Saat ini, penggunaan produk-produk bioteknologi, misalnya untuk diagnosis penyakit, bersumber dari negara lain (impor). Padahal, keragaman gen di Indonesia belum tentu identik dengan negara tempat produk diagnostik tersebut dihasilkan.

Indonesia juga menempati urutan pertama untuk biodiversitas laut. Hal ini menunjukkan pentingnya pengembangan bioteknologi untuk memanfaatkan sumber daya yang sangat melimpah, untuk kepentingan bangsa Indonesia. Program studi Bioteknologi yang dikelola oleh Sekolah Pascasarjana, selain kajian biomolekular untuk memecahkan masalah dalam bidang kesehatan, masalah-masalah yang berkembang dalam bidang lingkungan telah dan sedang dilakukan. Seperti aplikasi bioteknologi dalam bidang industri (limbah) dengan menggunakan sistem biologis, organisme makhluk hidup, atau turunannya, untuk membuat atau memodifikasi baik produk maupun proses dapat mencegah pencemaran terhadap lingkungan. Selain itu, dalam bidang agrokompleks, rekayasa pakan ternak, benih unggul termasuk limbahnya menjadi bagian kajian prodi bioteknologi. Secara operasional, kajian-kajian tersebut telah didukung oleh sumber daya peneliti yang bereputasi dan sarana prasarana termasuk keberadaan pusat studi, pusat penelitian dan pusat unggulan yang sangat memadai di lingkungan Universitas Padjadjaran serta dukungan instansi terkait yang telah menjalin kerjasama dengan Sekolah Pascasarjana.

Diharapkan dengan adanya prodi S2 dan S3 Bioteknologi di Unpad, seluruh pakar yang tersebar di seluruh prodi-prodi di fakultas di lingkungan Unpad secara bersama sama bersinergi menuju satu orientasi yang jelas dan fokus menggarap permasalahan Bioteknologi dari hulu sampai hilir untuk kesejahteraan masyarakat.

×